Tentang UGM
Portal Akademika
IT Center
Perpustakaan
Penelitian
Webmail
Alumni
Bahasa Indonesia
English
Tata Laksana Akademik

Syarat dan Prosedur Pendaftaran

Calon mahasiswa dapat melamar secara online melalui www.um.ugm.ac.id  untuk menjadi mahasiswa PSIK S2 dengan syarat mengajukan surat lamaran menjadi mahasiswa secara tertulis oleh calon yang bersangkutan yang disediakan oleh Program Pascasarjana PSIK S2 dengan dilampiri :

  • Salinan Ijazah S1 dan transkip nilai yang telah disahkan.
  • Surat Rekomendasi dari 2 orang yang berkompeten dan mengetahui kemampuan akademik calon peserta.
  • Surat ijin dari Instansi/lembaga (bagi calon yang sudah bekerja).
  • Surat keterangan sehat dari dokter.
  • Bukti pembayaran biaya administrasi yang dibayarkan melalui Bank BNI 46.
  • Surat keterangan dari Sponsor bagi calon mahasiswa yang mendapatkan dukungan finansial/beasiswa.
  • Keterangan hasil test TOEFL minimal Score 500, atau tes lain yang setara.
  • Nilai TPA (Tes Potensi Akademik) OTOBAPPENAS dan PAPS minimal score 500.

Aturan tentang prosedur pelamaran calon mahasiswa sedang direvisi dan ditampilkan pada website : www.um.ugm.ac.id

 

Waktu Pendaftaran

Pendaftaran calon mahasiswa dengan biaya sendiri dan intansi dibuka pada awal tahun akademik sampai dengan tanggal 31 juli (semester ganjil) dan tanggal 31 desember (semester genap) setiap tahunnya, sedangkan pendaftaran mahasiswa pelamar beasiswa BPPDN dimulai pada setiap awal bulan Januari s/d April setiap tahunnya

Pendaftaran Mahasiswa Lama

  • Setiap mahasiswa UGM diwajibkan melakukan pendaftaran ulang (administrasi dan akademik) pada setiap awal semester yang dijadwalkan diatur oleh universitas sesuai kalender akademik.
  • Mahasiswa yang akan mendaftar diwajibkan memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
  • Surat permohonan ijin pendaftaran ulang untuk semester yang bersangkutan
  • dari Dekan atau yang diberi wewenang untuk itu
  • Kartu tanda mahasiswa (KTM) semester sebelumnya atau KTM terakhir bagi yang terputusnya studinya
  • Kuitansi pembanyaran SPP dan biaya lainnya untuk semester yang bersangkutan mahasiswa yang non aktif tanpa ijin harus membayar lunas SPP selama masa non aktif tersebut.
  • Mahasiswa yang terputus studinya kurang dari dua tahun harus melampirkan surat ijin aktif kembali dari Dekan dan mahasiswa yang terputus studinya lebih dari dua tahun harus melampirkan surat ijin aktif kembali dari Rektor.
  • Pendaftaran ulang wajib dilakukan sendiri oleh mahasiswa yang bersangkutan dengan mengisi berkas formulir pendaftaran yang disediakan di Fakultas.
  • Mahasiswa yang terlambat melakukan pendaftaran ulang harus memperoleh ijin khusus terlambat mendaftarkan ulang terlebih dahulu dari Dekan atau yang diberi kewenangan untuk itu.
  • Mahasiswa yang tidak melakukan pendaftaran ulang status kemahasiswaannya pada semester yang bersangkutan menjadi batal dan tidak diperkenankan mengikuti segala kegiatan akademik serta menggunakan fasilitas yang tersedia.